Viral Ditemukan Ular King Cobra Raksasa Di Kalimantan

ular king cobra raksasa

Di akhir minggu ini viral di social media ular king cobra raksasa ditemukan di Kalimantan. Awalnya, kehebohan / viralnya ular king cobra bermula dari postingan Made Dwi Sudarmawan di akun facebooknya. Ada sekitar enam foto yang dia posting. Foto tersebut menunjukkan betapa besarnya ukuran king kobra.

Foto tersebut menimbulkan pertanyaan yang didominasi tentang ukuran ular yang terlihat raksasa hingga santainya si pria di samping ular. Dari awal kemunculan foto, banyak yang bertanya-tanya, ular tersebut asli atau tidak? Ini cerita di baliknya. Made mengatakan ular dalam foto tersebut asli. Berawal dari Ular itu ditemukan oleh Made beserta timnya di sekitar perumahan di wilayah Kalimantan Timur. Binatang yang disebut sebagai ular berbisa terpanjang di dunia itu membuat resah warga.

“Foto ular itu saya bisa pastikan 100 persen memang ular king cobra raksasa dari Kalimantan. Tidak ada tipuan. Ukurannya 4 meter dan kira-kira sebesar lengan saya. Selama saya di sini, baru kali ini saya lihat king cobra yang sebesar ini,” ujar Made saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (24/3/2018).  Made mengatakan, dirinya tidak memelihara ular tersebut. Dia hanya menyimpan beberapa hari agar tidak meresahkan warga.

Dari foto-foto yang diunggah, terlihat Made tampak sama sekali tidak  takut memegang ular yang berukuran besar itu. Dia mengatakan, saat difoto, ia bersama pawang ular ya untuk berjaga-jaga. “Saya bersama pawang. Yang jelas (saat berfoto) jangan takut. Di depan kami ada pawangnya yang mengalihkan perhatian dari ular itu,” ungkapnya.

Ular king cobra raksasa dari Kalimantan akhirnya dilepas kembali ke alam. Made Dwi Sudarmawan mengabadikan momen pelepasan king cobra itu. Dilihat dari akun facebook Made, Jumat (23/3/32018), ada dua foto yang dia unggah. Tiga pria berada di salah satu perkebunan sawit. Ular berukuran raksasa tersebut dipegang oleh seorang pria bernama  Edy Maryadiyono (pawang ular yang menaklukan ular king cobra).

Sebelumnya, Made meminta maaf telah mengunggah foto ular king cobra raksasa tersebut. Dia menjelaskan ular tersebut sengaja diamankan olehnya karena meresahkan warga. “Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Foto ular tersebut bukan bermaksud memviralkan. Ular itu kami amankan karena ular berkeliaran di sekitar pemukiman warga,” ujar Made Dwi Sudarmana lewat status Facebook-nya, Kamis (22/3). Made mengatakan ular tersebut membuat banyak warga setempat gelisah. Dia pun akan mengembalikan ular ke alam habitatnya. “Dan rencananya akan kami lepaskan ke alam liar kembali yang jauh dari permukiman,” ujar Made.

Cerita Edy Maryadiyono (Pawang Ular) Detik-Detik Saat Menaklukan Ular King Cobra Raksasa

ular king cobra raksasa

Edy Maryadiyono bercerita soal keberaniannya menaklukkan ular jenis king cobra sepanjang 4 meter di Kalimantan Timur. Hal itu berawal dari laporan dari warga Muara Wahau, Kutai Timur, Kaltim karena adanya king cobra raksasa yang berkeliaran di rumah warga. Ia menangkap king cobra raksasa untuk menghindari serangan reptil berbisa tersebut ke warga. Penangkapan ular terjadi pada hari Minggu (18/3/2018) pekan lalu. Walaupun sudah terbiasa menangani ular, bukan perkara mudah bagi Edy menaklukkan king cobra raksasa tersebut.

Baca Juga : “Strategi Koalisi 212 Rizieq Menghadapi Jokowi Di Pilpres 2019”

“Ketika orang hubungi saya, ular itu sempat naik ke pohon. Ketika di atas pohon agak susah dan pernah pingin dibiarkan saja. Tapi supaya tidak meresahkan, saya usaha bagaimana nangkap ular tersebut. Saya akali saja karena kebetulan di situ ada tali, saya gunakan untuk membuat jerat untuk menjerat kepalanya,” beber Edy menceritakan trik menangkap king cobra raksasa. “Setelah jatuh ke bawah, saya tangkap kepalanya dan diamankan,” sambungnya.

Diketahui Edy Maryadiyono merupakan anggota tim dari Made Dwi Sudarmawan. Semoga saja dengan adanya kejadian ini kita semakin bisa belajar melestarikan apa yang sudah negara ini miliki baik tumbuhan atau hewan yang ada di negeri kita Indonesia tercinta ini.