Panggilan Sebagai Saksi Syahrini Tidak hadir Sidang Dalam Kasus First Travel

syahrini tidak hadir sidang

Syahrini seharusnya datang untuk bersaksi dalam sidang first travel bersama Vicky Shu, Rabu, 14 Maret 2018 akan tetapi, Syahrini tidak hadir sidang tanpa adanya keterangan. Oleh karena itu Jaksa Penuntut Umum kembali memanggil Syahrini untuk bersaksi pada sidang hari ini, Rabu (21/3/2018).

Tiga Bos First Travel Andika Surachman, Anniesa Devitasari Hasibuan, dan Siti Nuraidah alias Kiki akan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Depok (21/03/2018), terkait perkara penipuan dan penggelapan. Satu di antara saksi yang dihadirkan adalah artis benama Syahrini. Syahrini yang harusnya menghadiri sidang first travel hari ini di Pengadilan Negeri Depok. Akan tetapi sampai saat ini, Syahrini dalam akun Instagramnya masih asyik liburan di Belanda.

Kalau Syahrini tidak hadir sidang hari ini, berarti sudah mangkir 2 kali dalam panggilannya. Ada baiknya kita sebagai negara hukum dan warga negara yang baik hadir dalam panggilan jika memang benar dibutuhkan kesaksian dalam sebuah kasus. Keterkaitan Syahrini diduga karena ikut mempromosikan first travel sebagai agent travel umroh.

Syahrini diketahui pergi umroh menggunakan jasa first travel. Akan tetapi dirinya sudah membantah diendorse oleh travel milik Andika Surachman, Anniesa Hasibuan dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki. Syahrini mengatakan dirinya sama sekali tidak ada kontrak sebagai icon untuk endorse. Hanya ada perjanjian kerja sama, Aisyahrani, adik sekaligus manajernya mengatakan hanya melakukan kerja sama. Dia setuju melakukan kerjasama tersebut dengan niat ibadah membantu mempromosikan first travel.

Syahrini yang memiliki nama asli Rini Fatimah Jaelani memang kerap disebut jaksa dan saksi lain dalam persidangan kasus first travel sebelumnya. Dalam dakwaan jaksa ke tiga bos first travel yang jadi terdakwa kasus ini, Syahrini disebut dibiayai umrah dengan fasilitas VIP plus oleh first travel. Syaratnya, selama perjalanan Syahrini menggunakan atribut first travel yang akan ditampilkan dalam media promosi perusahaan perjalanan tersebut. Syahrini juga harus membuat postingan dan vlog dua kali di akun media sosial miliknya sehari selama perjalanan yang dibiayai first travel sebagai bagian dari promosi.

Karena promosi menggunakan Syahrini inilah, sejumlah agen dan calon jemaah umrah First Travel yang akhirnya menjadi korban, mengaku tertarik dan tergiur. Sebelum akhirnya mereka sadar telah tertipu, karena tak juga diberangkatkan umroh. Adapun total kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 905,33 miliar dari total 63.310 calon jemaah umrah yang gagal diberangkatkan. Ketiga terdakwa terancam hukuman penjara 20 tahun lebih sampai seumur hidup.

Sanksi Yang Bisa Dijerat Jika Syahrini Tidak Hadir Sidang Dalam Kasus First Travel 

syahrini tidak hadir sidang

Jaksa Penuntut Umum, Tia Zahra mengatakan belum ada konfirmasi dari pihak Syahrini. “Belom confirm sih. Kemarin ada yang infoin dia lagi di luar negeri,” katanya dihubungi, Selasa (20/3/2018). “(untuk besok) Belum ada confirm sama sekali,” lanjutnya. Syahrini berlibur ke Eropa sejak beberapa hari lalu. Syahrini sampai sekarang belum memberi jawaban, apakah dia akan bersaksi dalam sidang kasus penipuan ribuan jamaah umroh first travel. Menurut salah satu Jaksa Penuntut Umum, Tia Zahra ada waktu pemanggilan sampai tiga kali.

Baca Juga : “TKI Asal Indonesia Dipancung Di Arab Saudi! Zaini Dipaksa Mengaku Membunuh”

Seperti yang diketahui, pemanggilan ini adalah yang kedua. Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menjadwalkan Syahrini untuk hadir bersama Vicky Shu pada Rabu, 14 Maret 2018. Kenyataannya, pada saat itu hanya Vicky Shu yang hadir, sementara Syahrini mangkir.

Kalau sampai pemanggilan tiga kali Syahrini tidak datang juga, berarti pelantun ‘Sesuatu’ dengan jargon maju mundur cantik itu melanggar undang-undang sebagai saksi yang merupakan bukan hak tapi sebuah kewajiban. Syahrini bisa dijerat pasal 224 KUHP karena tidak memenuhi kewajiban sebagai saksi dan terancam hukuman 9 bulan penjara. Jika dihitung sampai hari ini jika Syahrini tidak hadir sidang kasus first travel maka sudah 2 kali mangkir.