Rumah DP 0 Persen di Rorotan, Cilincing

Mase ingatkah kalian janji Anies dan Sandi untuk memberikan hunian rumah DP 0 persen?. Mereka mengkampanyekan program kredit rumah untuk warga DKI. Hal ini dilakukan guna memberikan solusi kepada masyarakat Jakarta khususnya kalangan menengah ke bawah. Karena masalah terbesar bagi warga Jakarta adalah rumah hunian yang sudah menjadi hak milik.

“Nah kita akan menyiapkan program di mana warga Jakarta bisa memiliki rumah secara kredit dengan DP nol persen. Kita akan menggunakan fasilitas bank untuk bisa menggunakan Bank DKI,” sambungnya. Kata Anies

“Dan sudah dibuatkan mekanisme pengaturan dengan mereka menggunakan tabungan. Jadi menabung dulu di bank selama 6 bulan yang tabungannya bisa nilainya sampai 10 persen, dari situ dihargai sebagai pengganti DP-nya,” tambahnya.

Ia pun berharap program ini bisa mengatasi permasalahan warga yang telah memiliki penghasilan rutin namun ingin memiliki rumah. Sebab permasalahan DP dinilai kerap menjadi masalah dalam proses kepemilikan rumah.

Program Hunian Rumah DP 0 persen kembali muncul.

Program Kali ini berkonsep rumah DP  0 persen di Rorotan, Cilincing. Jakarta Utara. Pengembang yang terpilih PT Nusa Kirana. Rencananya akan dibangun 100 unit hunian berita yang didapatkan dari Lurah rorotan Yuyun Wahyudi (28/02/2018). Luas tanah yang dimiliki pengembang sementara masih 1.3 hektar.

rumah dp 0 persen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya akan meresmikan rumah  DP 0 persen di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara pada hari ini, Rabu (28/2/2018). Disekitar areal tersebut tampak dikelilingi oleh areal persawahan, rencananya perumahan ini akan didirikan setelah adanya proses pengerukan terlebih dahulu.

Sekitar ratusan orang datang untuk melihat peresmian rumah tapak tersebut. Mereka mulai antri di meja pendaftaran untuk mendaftarkan dirinya sebagai peminat atau pembeli. Warga antri dengan membawa sejumlah data seperti fotokopi kartu keluarga (KK) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Sudah ada 1 sample unit rumah lengkap dengan perkarangan yang rencananya akan dibangun di daerah tersebut dengan lebar 5 meter dan panjang 9 meter. Jadi untuk luas bangunannya saja sekitar 25 meter persegi. Di dalam rumah terdapat satu kamar tidur orang dewasa, satu kamar tidur anak, satu ruang tamu dan satu kamar mandi.

Baca Juga : Pelantikan kepala BNN yang baru menggantikan BUWAS

lantainya dilapisi keramik. Dinding terbuat dari batako plester. Kusen pintu dan jendelanya berbahan kayu. Tapi untuk daun pintunya terbuat dari double triplek. Kemudian untuk kaca jendela ketebalannya 5 cm. Fasilitas di dalamnya, untuk kamar mandi dilengkapi closet jongkok dan berlantai keramik. Penutup atap rumah terbuat dari genteng beton, dan untuk rangka atap menggunakan konstruksi baja ringan. Terkahir, plafond terbuat dari gypsum.

Komentar Sandi Project Rumah DP 0 Persen

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mencari cara agar rumah  DP 0 persen di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, bisa memakai skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Tujuannya agar rumah yang dibangun PT Nusa Kirana itu bisa bisa terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah. “Skema FLPP (rumah tapak) hari ini emang itu angkanya (Rp 148,5 juta). Jadi angkanya jauh, mereka (rumah tapak di Rorotan) di Rp 350 jutaan. Kita masih cari skema apa yang bisa disandingkan. Kalau pakai skema FLPP, kelihatannya belum ada ruang untuk mensinkronkan itu,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). Menurut Sandiaga, Pemprov DKI akan mencari cara agar rumah tapak bisa selaras dengan program rumah DP Rp 0. Rencananya, Sandi besok, Jumat (2/3/2018) akan bertemu dengan pihak PT Nusa Kirana.