Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Angkat Rupiah

BERITAONLINE.ORG – Nilai tukar untuk rupiah pada perdagangan hari ini cenderung menguat terhadap dollar AS. Rupiah dibuka pada level Rp 13.793 per dollar AS, menguat di bandingkan posisi pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya, yaitu Rp 13.816 per dollar AS.

Pertemuan Trump-Kim Jong Un Angkat Rupiah

VP Economist PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengatakan, pada sesi awal perdagangan hari ini, rupiah diperdagangkan melemah terhadap dollar AS. Pelemahan dipengaruhi dari kebijakan Presiden AS Donald Trump yang akan menaikkan tarif impor untuk produk alumunium dan baja, kecuali dari Kanada dan Meksiko. “Selain itu, melemahnya rupiah dan mata uang Asia pada sesi pembukaan juga didorong oleh keputusan (Bank Sentral Eropa) ECB yang masih tetap mempertahankan suku bunga yang pada akhirnya menekan euro,” sebut Josua kepada beritaonline.org.

Kebijakan harga impor Trump memang salah satu upaya untuk menekan neraca perdagangan. Meskipun saat ini hanya dikenakan untuk baja dan almunium, namun tidak menutup kemungkinan adanya kenaikan tarif untuk impor bisa diperluas ke dalam sektor sekitar dan lainnya. Konsekuensinya untuk AS, sebut Josua. Sebenarnya ada potensi bahwa lapangan kerja AS dapat terpengaruh sangat negatif karena kenaikan biaya produksi yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut.

Tarif impor yang berujung pada perang dagang pun bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi global khususnya negara berkembang yang mengandalkan ekspor sebagai pendorong perekonomian. “Dampaknya buat Indonesia sebenarnya marginal jika terjadi trade war atau perang dagang yang dipicu kebijakan Trump mengingat kontribusi ekspor pada perekonomian kita yang relatif kecil,” ujar Josua. Meskipun demikian, tekanan pada rupiah kembali mereda jelang penutupan.

Ini di sebabkan oleh sentimen negatif dari potensi perang dagang dari kebijakan tarif impor Trump ditangkal oleh sentimen positif dari pertemuan Trump dan Kim Jon Un yang berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi. Rupiah ditutup pada posisi Rp 13.797 per dollar AS, sedikit melemah dibanding posisi pembukaan. Adapun sepanjang hari ini, rupiah bergerak rata-rata pada kisaran Rp 13.771 hingga Rp 13.806 per dollar.