Terungkap Misteri Pembobol Uang Tabungan! 5 Orang Ditangkap.

pembobol uang tabungan

Belum ada sepekan yang lalu viral mengenai misterius hilangnya uang nasabah bank BRI di Kediri, akhirnya terungkap sudah misteri pembobol uang tabungan BRI. Sejumlah kejahatan perbankan, pembobolan atm dengan modus skimming marak terjadi belakangan ini ternyata tidak hanya kasus bank BRI saja sudah banyak kasus dari bank lain juga. Kejahatan dengan metode ini sebenarnya bukan hal baru. Namun banyak nasabah yang menjadi korban kejahatan skimming baru-baru ini, membuat publik tanah air resah. Bagaimana tidak, uang di ATM hilang tiba-tiba tanpa jejak.

Skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban. Modus operasinya adalah mengkloning data dari magnetic srtripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah.

Setelah kepolisian menelusuri berbagai laporan mengenai kejahatan perbankan akhirnya kawanan garong pembobol uang tabungan ditangkap polisi setelah melakukan penelusuran selama seminggu. Penyidik Polda Metro Jaya menangkap lima orang yang merupakan komplotan pembobol uang tabungan nasabah Bank Rakyat Indonesia ( BRI). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, penangkapan / penyergapan komplotan ini dilakukan setelah polisi melakukan penelusuran selama satu minggu. “Lima orang ditangkap di sejumlah lokasi berbeda. Ada di D’ Park Cluster Kayu Putih Blok AB 6 No 3, Serpong, Tanggerang, di Hotel Grand Serpong, Tangerang, dan Hotel De’ Max Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat,” ujar Argo, Jumat (16/3/2018).

4 pembobol uang merupakan warga negara asing pelaku bernama Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai, Ionel Robert Lupu dari Rumania, dan Ferenc Hugyec dari Hungaria, satu pelaku lainnya berasal dari Bandung, bernama Milah Karmilah. Para pelaku memulai aksinya sejak tahun 2017. Mereka beraksi dari Juli 2017, mereka membuat skimmer dan pendukung lainnya. Kemudian mereka memasangnya di berbagai ATM di sekitar wilayah Bali, Bandung, Yogyakarta, Tangerang, dan Jakarta. Dari tangan tersangka menyita beberapa barang bukti yaitu, 1 buah deepskimmer, 1 buah ENCODER, 3 (tiga) buah SPY CAM. Selain itu, juga disita 1.447 buah kartu ATM yang telah diisi dengan data curian, 21 kartu ATM Member Card, dan sejumlah alat untuk membuat DEEP SKIMMER.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Aris Priyono menjelaskan para WNA itu datang ke Indonesia menggunakan visa turis. Aris mengatakan, penyidik saat ini tengah mendalami kaitan lima orang ini dengan pelaku-pelaku lain. Sebab bukan tidak mungkin para pelaku memiliki kelompok atau jaringan yang beroperasi di Indonesia. “Masih diselidiki apakah ada hubungan dengan kasus skimming yang sebelum-sebelumnya,” ucap Aris.

pembobol uang tabungan

Misteri Pembobol Uang Tabungan, Tips Agar Kita Tidak Mengalami Hal Yang Serupa 

Langkah pencegahan yang paling bisa dilakukan oleh nasabah adalah mengenal betul bentuk fisik mesin ATM. Minimal pada mulut kartu dan keyboard pad. Karena skimmer yang ditambahkan pasti akan mengubah atau menambah bentuk mesin ATM jadi terlihat tidak biasa.

Baca Juga : “Ada Lautan Sampah Di Teluk Jakarta!!”

Langkah kedua adalah memilih ATM yang ramai dan ada satpamnya. Misalnya di ATM minimarket. Secara berkala lakukan pengecekan mutasi lewat internet banking. Jadi jika ada kejanggalan akan langsung diketahui. Lengkapi juga dengan notifikasi SMS banking, saat ada transaksi pengambilan maupun pembelanjaan yang cukup besar anda sudah bisa mengetahuinya.

Kiranya itu yang bisa kita lakukan agar kita tidak mengalami hal yang serupa. Ucapan terima kasih dan bravo untuk pihak kepolisian atas prestasinya.