Pelantikan kepala BNN yang baru menggantikan BUWAS

pelantikan kepala BNN

Hari ini (01/03/2018) resmi pelantikan Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional)  yang baru. Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Irjen Heru Winarko sebagai kepala BNN. Pelantikan kepala Badan narkotika Nasional dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.00 WIB. Kepala BNN Heru Winarko dilantik akan menggantikan Komjen Budi Waseso, yang akan masuk masa pensiun pada Maret tahun ini.

Sosok yang dipilih Jokowi untuk memimpin BNN adalah Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Heru Winarko. Sebelum menjadi Deputi Penindakan KPK, Heru menjabat Kapolda Lampung.

“Tentu Presiden punya ukuran dan kriteria tersendiri untuk memilih Kepala BNN. hal itu bisa didapat dari banyak masukan, diantaranya dari Kapolri. Kriteria yang paling baik, profesional, integritasnya tinggi, tegas, dan berani,” kata Johan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (28/2/2018).

Sebelum menempati jabatan tersebut, Irjen Heru menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam pada 2015. Sebelumnya, pria kelahiran jakarta 1 Desember 1962 itu menjabat sebagai Kapolda Lampung pada 2012.

Nama Irjen Heru otomatis menyingkirkan dua nama perwira tinggi Polri lainnya yang dicalonkan menjadi pengganti Buwas, yakni Kepala Bareskrim Komjen (Pol) Ari Dono dan Deputi Pemberantasan BNN Irjen (Pol) Arman Depari.

Upacara Pelantikan kepala BNN

upacara pelantikan kepala BNN yang baru diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden bernomor 14 M Tahun 2018 tentang pengangkatan Heru dan pemberhentian dengan hormat Budi Waseso.

“Menetapkan dan seterusnya. Mengangkat Inspektur Jenderal Polisi Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional dan diberikan struktur eselon 1 a. Ditetapkan di Jakarta tanggal 28 Februari 2018,” ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Cecep Setiawan.

pelantikan kepala BNN

Setelah pembacaan keppres, BapakJokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Irjen Heru.

“Bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya sebagai Kepala BNN menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan bekerja dengan sebaiknya-sebaiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Heru.

Baca Juga : Sambutan novel kembali ke Indonesia

Setelah membacakan sumpah jabatan, Heru menandatangani surat Keputusan atas pengangkatan dirinya sebagai Kepala BNN yang baru.

Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi dan pejabat negara di antaranya Ketua KPK Agus Rahardjo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

“Sudah lulus. Pengabdian selesai. Ini keputusan Pak Presiden. Pilihan terbaik yang sudah menjadi kriteria dipilih Pak Presiden. Pasti pengganti lebih baik dari saya,” ujar Buwas (Budi Waseso) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

Buwas mengatakan, Kepala BNN penggantinya memiliki tugas untuk memberantas narkoba hingga ke akar-akarnya. Sosok Heru dinilai tepat untuk mengisi posisi itu “Untuk memberantas narkoba harus orang-orang yang memiliki integritas bagus. Profesional. Itu mutlak,” ujar Buwas.

“Semoga Badan Narkotika Nasional kita dapat lebih maju dan berkembang untuk memberantas segala bentuk NARKOBA yang menghancurkan generasi muda penerus bangsa yang kita cintai ini”