Bahan Makanan Alternatif Pengganti MSG

Beritaonline.org – Masakan yang tanpa penyedap tambahan pastinya kurang rasanya. Biasanya penyedap ini dikenal dengan nama micin.

Micin ini kerap dijadikan bahan atau bumbu masak untuk menyedapkan makanan. Nama dari bahan penyedap ini adalah MSG (Monosodium Glutamat), yang merupakan perasa paling stabil dan berbentuk dari salah satu bahan penyedap terbaik dan asam glutamat untuk memberikan rasa gurih. Sehingga digunakan penguat rasa makanan.

Banyak kali ditemukan penggunaan micin ini untuk berbagai macam masakan. Hal ini sebagai fungsi penguat rasa jika digunakan tidak berlebihan. Selain itu penyedap ini mirip seperti garam yang mampu menyempurnakan dan menyeimbangkan keseluruhan rasa pada sebuah masakan

Tetapi, di balik keunggulan micin kerap disangkut pautkan dengan efek buruk jangka panjang bagi kesehatan dan tingkah kebodohan seseorang jika dikosumsi dalam jumlah berlebihan begitupun rasa makanan yang akan cepat Berdampak buruk jika menggunakan secara berlebihan dan akan mempercepat rusak rasa makanan tersebut.

Tips untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ternyata ada bahan alternatif untuk menyedapkan masakan tersebut.

Bahan Makanan Alternatif Pengganti MSG

Jamur

pengganti MSG
Jenis makanan ini memiliki rasa gurih untuk menggantikan MSG terlebihnya memiliki protein yang lebih tinggi. Dan jamur ini bisa menjadi pengganti daging.

Tomat

pengganti MSG
Buah ini sangat bebas dari kandungan glutamat dan mampu memberikan rasa micin alami. Tomat memiliki antioksidan yang akan kaya vitamin C dan E. Selain itu, jika tomat diolah secara di panggang maka rasa yang dimiliki semakin keluar.

Garam laut

pengganti MSG
Garam laut memiliki rasa yang lembut dan bisa menambah rasa pada makanan. Perbedaan garam meja dan garam laut ini adalah kalium iodida dan natrium yang telah di campur didalam garam meja. Jika garam laut ini memiliki proses melalui penguapan air laut yang mengandung kalium yang alami.

Rempah-Rempah

pengganti MSG
Kekayaan akan rempah-rempah ini meliputi dari, bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, merica dan masih banyak lagi. Rempah ini jika diracik dengan tepat, mampu menggantikan micin .
Rempah-rempah ini mampu untuk menggungah selera makan dan rasa.

Kedelai

pengganti MSG
Kedelai memiliki nutrisi yang serupa dengan daging dan memiliki protein tinggi. Rasa yang diperoleh dari fermentasi kedelai ini ternyata memberikan rasa sedap seperti yang diberikan oleh MSG.