7 Tempat Kuliner Di Bandung Yang Harus Di Coba

Wisata Kuliner

Kota Bandung terletak di daerah cekungan yang dikelilingi pegunungan dan berada pada ketinggian 700-1000 meter di atas permukaan laut. Suhu terendahnya dapat mencapai 23 derajat Celsius, namun kadang suhunya bisa naik menjadi 30 derajat Celsius saat sedang panas. Untuk menuju ke Bandung, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau berbagai jenis transportasi umum, seperti kereta api, pesawat, dan bus.

Kota Bandung merupakan salah satu kota wisata andalan di Indonesia. Itulah sebabnya, Bandung selalu menyuguhkan konsep tempat liburan terbaik dan unik. Kota Paris van Java ini tidak hanya menghadirkan kawasan rekreasi yang menarik, tetapi juga aneka ragam wisata kuliner. Mulai dari masakan tradisional hingga internasional, semua jenis wisata kuliner tersedia di Bandung. Soal rasa, jangan ditanya lagi, kuliner Bandung senantiasa menawarkan kelezatan yang tak terlupakan.

Penasaran dengan aroma dan cita rasa kuliner Bandung?

Berikut ini 7 tempat kuliner Bandung

1. The Peak

The Peak

The Peak

Bersantap sambil menikmati panorama pegunungan dan perbukitan, merupakan salah satu cara bagus untuk melepaskan penat akibat padatnya pekerjaan atau tugas kuliah yang memusingkan. The Peak adalah tempat kuliner Bandung yang memenuhi kriteria tersebut. Dengan sajian masakan nusantara dan mancanegara, restoran di atas bukit ini menciptakan suasana makan yang komplet, apalagi jika berkunjung ke sana saat malam hari, Anda bisa menyaksikan samudera lampu kota Bandung dari ketinggian.

Kurang lebih ada 7 jenis pilihan menu makanan di restoran The Peak. Menu ini terdiri dari Appetizer, Special Dessert, Flambe, Kid’s Menu, Healthy Menu, Traditional, dan Pancake. Khusus menu masakan tradisional, hanya dihidangkan saat akhir pekan. Nah, bagi Anda yang membawa anak-anak, Kid’s Menu adalah pilihan yang paling cocok.

Mau makan malam romantis? Anda bisa memesan tempat di lantai tiga. Sky private dinning room, begitulah orang menyebutnya. Dari sini, pemandangan Kota Bandung dan pegunungan yang melingkarinya terlihat jelas. Namun, untuk menikmati sensasi kuliner di restoran The Peak, Anda harus merogoh kantong cukup dalam lho.

2. Sapulidi Lembang

Sapulidi Lembang

Sapulidi Lembang

Slogan “back to nature” memelopori berdirinya kawasan kuliner Sapulidi Lembang. Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, Sapulidi berhasil menyita perhatian publik. Hampir setiap hari, tempat kuliner Bandung yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri.

Sapulidi Lembang menawarkan gaya baru dalam bersantap. Di sana Anda akan menikmati aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di 2 lokasi berbeda. Ada yang didirikan dekat danau, ada juga beberapa yang terletak di area persawahan. Antar saungnya dihubungkan dengan jalan setapak dari bebatuan, dan sepanjang jalan itu terdapat pepohonan dan hamparan rumput hijau sehingga sangat terasa alami.

Untuk memesan makanan, Anda harus memukul kentong di saung bambu. Cukup dua kali pukul, pelayan akan datang membawakan menu. Semua jenis kuliner lezat tersedia di Sapulidi. Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam edan, merupakan beberapa contoh makanan andalan yang dibanderol dengan harga terjangkau di tempat kuliner ini. Selain itu, tersedia juga masakan khas Sunda, Jawa, hingga internasional.

3. Kampung Daun

Kampung Daun

Kampung Daun

Ingin menikmati dinner romantis? Kampung Daun menghadirkan restoran bertema cafe and culture gallery. Saat malam hari, kawasan wisata kuliner Bandung ini akan diterangi lampu dan obor di tepi jalan setapak. Nuansanya tradisional, hening, nyaman, dan berhawa sejuk dengan tempat makan didesain dalam bentuk saung bambu dengan konsep lesehan.

Di bagian depan Kampung Daun, terdapat beragam jajanan zaman dahulu, antara lain dodol, gulali, dan kembang gula. Selain itu, ada pameran permainan tradisional yang akan mengingatkan Anda pada masa kecil era 90-an. Jika ingin membeli oleh-oleh khasBandung, Anda bisa mengunjungi galeri suvenir.

Menu yang disuguhkan di tempat wisata kuliner Bandung ini cukup beragam, antara lain masakan khas Indonesia, western, Italia, dan aneka makanan ringan. Penyajian makanan dilakukan dengan dua cara, yaitu modern dan tradisional. Harga kulinernya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 saja. Anda bisa menyambangi tempat kuliner Bandung ini dari pukul 11.00 sampai 23.00 waktu setempat.

4. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang

Batagor adalah kuliner khas Bandung yang terdiri dari bakso dan tahu goreng. Camilan ini tersebar hampir di seluruh penjuru Kota Bandung. Namun, Batagor Hanjuang adalah yang paling terkenal & sering didatangi pembeli.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa rasa ikan tenggirinya pas di lidah. Adonan bumbu kacangnya juga sangat sempurna, gurih, dan sedikit pedas. Selain itu, batagor ini tidak mengandung banyak minyak.

5. Lisung Cafe

Lisung Cafe

Lisung Cafe

Berada di dataran tinggi Dago, Lisung Cafe menawarkan sejumlah fasilitas bersantap yang unik. Letaknya jauh dari keramaian sehingga tercipta suasana hening dan tenang. Desain interior kafe tergolong sederhana dengan 30 meja makan berbahan kayu. Lantai dan dinding restoran ini terbuat dari bahan kayu, berwarna cokelat, dan terdapat ukiran minimalis.

Saat malam hari, pemandangan lautan lampu menjadi objek paling menarik di Kafe Lisung. Beberapa meja sengaja ditempatkan di tepi balkon supaya pengunjung dapat melihat panorama indah. Tepat di lantai paling dasar, terdapat taman dengan hamparan rumput hijau. Biasanya, ada pertunjukan live music di taman tersebut.

Lisung Cafe memiliki enam menu andalan, yaitu Nasi Panggang Lisung, Nasi Panggang Koempeni, Sop Buntut Bakar, Green Day, Stone Roses, dan Lisung Breeze. Keenam menu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp38.000 per porsi. Ada pula hidangan mi tek-tek dan omelet yang terkenal kelezatannya. Selain enam menu utama, rentang harganya sekitar Rp50.000 sampai dengan Rp70.000.

 

6. Surabi Waroeng Setiabudi

Surabi Waroeng Setiabudi

Surabi Waroeng Setiabudi

Berlokasi di Jalan Setiabudhi, Surabi Waroeng Setiabudhi menawarkan kuliner Bandung yang murah dan enak. Tempat makannya sangat nyaman dengan deretan bangku berbahan kayu jati. Desain interiornya bergaya etnik dengan dibalut sentuhan modern sehingga ruangannya tampak lega dan luas.

Kafe Surabi terdiri dari dua bagian utama, yaitu lantai atas dan lantai bawah. Anda bisa menikmati alunan musik live jika bersantap di lantai bawah. Sementara, di lantai atas tersedia tempat ibadah untuk melengkapi kenyamanan pengunjung Surabi Waroeng. Biasanya, tempat wisata kuliner di Bandung yang satu ini akan mulai ramai ketika memasuki pukul 14.00 WIB. Saat itu, pengunjung sudah mulai berbondong-bondong membeli surabi.

Menu surabi merupakan sajian khas tempat kuliner Bandung ini. Bahan dasar surabi berasal dari tepung beras dan disajikan bersama lumuran atau topping fla durian, jus mangga, atau campuran telur. Banyak pengunjung yang ketagihan menyantap makanan ini karena rasanya manis, gurih, dan sedikit asin. Di tempat makan ini ada kurang lebih 52 jenis surabi yang bisa dinikmati.

7. Rumah Sosis

Rumah Sosis

Rumah Sosis

Slogan eat, swim, play terpampang di pintu masuk Rumah Sosis. Seperti namanya, tempat wisata kuliner di Bandung ini menghidangkan beragam makanan berbahan dasar sosis. Kurang lebih ada 70 jenis menu yang ditawarkan, dengan yang paling populer antara lain sosis keju, sosis barbeque, bockwurst, beef garlic, dan sosis crispy.

Jika ingin membawa pulang atau membeli sosis sebagai oleh-oleh khas Bandung, Rumah Sosis memiliki sebuah menu andalan, yaitu sosis beku yang dijual dengan harga antara Rp50.000 sampai Rp70.000 per bungkus. Selain itu, ada juga udang, mi organik, dan bakso  yang sudah dibekukan. Jika ingin merasakan lezatnya es krim, Anda hanya bisa menyantapnya langsung di Rumah Sosis.

Meskipun harganya bisa dibilang termasuk cukup mahal, Rumah Sosis tidak pernah sepi dari pengunjung. Pasalnya, restoran ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat kuliner Bandung saja, namun juga menyediakan fasilitas rekreasi yang cocok untuk wisata keluarga di Bandung, yaitu kolam renang dan area bermain. Semua pengunjung bisa menikmati seluruh fasilitasnya dengan membayar tiket masuk seharga Rp3.000 per orang.

Dan masih banyak lagi tempat wisata kuliner di Bandung yang harus di jelajahi.