4 Artis Transgender Indonesia, Ke-4 Jadi Duta Kecantikan Dunia

Beritaonline.org – Merasa memiliki jiwa feminis mirip perempuan namun terjebak di tubuh seorang pria kerap kali menjadi masalah terbesar yang dihadapi beberapa orang. Mereka pun memutuskan untuk merubah jati diri mereka menjadi perempuan melalui operasi ganti kelamin atau biasa disebut dengan transgender.

Tak sedikit pula artis tanah air yang mengakui secara terang-terangan bahwa dirinya telah menjadi seorang transgender. Salah satunya artis senior Dorce Gamalama yang mengakui telah melakukan operasi kelamin dan mengganti jati dirinya sebagai perempuan sejak 1986 silam.

Selain Dorce, masih ada beberapa artis yang memutuskan untuk menjadi seorang transgender diusianya yang masih terbilang muda

1. Dorce Gamalama

Lahir dengan nama Dedi Yuliardi 54 tahun yang lalu, Dorce Gamalama memutuskan untuk menjadi seorang transgender. Ia merasa dirinya merupakan seorang wanita yang terjebak di tubuh seorang pria. Hal tersebut baru disadari saat Dorce kecil menginjak usia 7 tahun.

Setelah memulai kariernya dalam dunia tarik suara dan seni peran, Dorce mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk membiayai operasi transgender dan mengganti identitas di kartu tanda penduduk (KTP) miliknya menjadi seorang perempuan.

2. Solena Chaniago

Solena Chaniago mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, transgender yang satu ini merupakan salah satu penata rambut terkenal di luar negeri dan disebut-sebut menjadi transgender Asia pertama yang berhasil menembus film Hollywood. Ia juga pernah menikah dengan seorang wanita namun hubungan tersebut kandas di tengah jalan.

Deretan prestasi berhasil ditorehnya, Solena pernah beradu akting dengan Ricard Gere di film The Extra Man pada 2010 lalu. Solena juga pernah menata rambut selebriti hingga tokoh ternama dunia, seperti Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton hingga Scooter Braun.

3. Dena Rachman

Penyanyi cilik, Renaldy juga memutuskan untuk menjadi seorang transgender dan merubah namanya menjadi Dena Rachman. Wajah tampan nan imut yang kerap menghiasi layar kaca di era-90 an itu kembali lagi di tahun 2013 dengan jati diri yang berbeda.

Setelah melakukan operasi transgender, Dena kini semakin mantap dengan jati dirinya yang baru. Saat ini Dena fokus meniti kariernya menjadi seorang model dan ikut berkecimpung langsung dalam dunia mode sebagai fashion designer.

 

 

4. Dinda Syarif

Model transgender yang memiliki kecantikan natural seperti wanita tulen itu mendadak menjadi perbincangan public di awal 2018. Dinda Syarif berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet penghargaan Best National Costume di Miss International Queen 2018, ajang kecantikan transgender dunia.

Tak hanya cerdas dan memukau, Dinda juga tetap mengakui bahwa kodratnya dilahirkan sebagai seorang pria meskipun fisiknya kini menjadi perempuan. Dalam tanya jawab dengan followersnya di Instagram, Dinda mengungkapkan jika nanti ia meninggal ingin kembali sesuai kodratnya.